Minggu, 04 Juni 2017

Cara membuat kacamata 3d

Sebelumnya saya pernah memposting tentang Cara Memutar Film 3D di Laptop, dimana kita dapat menikmati teknologi film tiga dimensi melalui PC/laptop sendiri, yang tentunya harus ditonton dengan menggunakan kacamata 3D. Nah kali ini saya akan membagikan cara membuat kacamata 3D, yang pastinya sangat mudah untuk Anda buat sendiri.
Kacamata yang dibuat disini ialah kacamata 3D yang umum digunakan, yaitu jenis red-cyan (merah dan biru) yang dapat melihat gambar/video tipe anaglyphs. Gambar di atas adalah contoh kacamata 3D yang sudah saya buat, dan hasilnya pun tidak mengecewakan
Hasil gambar untuk kacamata 3d
1. pertama, Buat pola kacamatanya di kertas karton, lalu gunting. Jika tidak mau ribet, download polanya di sini (dari Paper Project), lalu print dan gunting. 
Gambar terkait
  • kedua,Gunting plastik mika, dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari lubang pada kacamata. Mika warna biru untuk mata kanan, dan yang merah untuk mata kiri.

  • ketiga, Tes kecerahan warna plastik mika. Tes ini wajib dilakukan, karena sangat mempengaruhi kualitas 3D yang diperoleh nantinya. Caranya, tes dengan gambar berikut.
  • keempat, Mika merah hanya bisa melihat lingkaran biru yang menjadi hitam
  • kelima, Mika biru hanya bisa melihat lingkaran merah yang menjadi hitam
Cara mengujinya kurang lebih seperti animasi berikut.
Lalu bagaimana jika kedua lingkaran masih terlihat? Awalnya saya mengalami masalah tersebut, tapi saya akali dengan menempel mikanya berlapis-lapis, sampai hanya 1 lingkaran saja yang terlihat pada masing-masing mika. Jumlah lapisannya tergantung pada gelap/terangnya mika itu sendiri. Pada percobaan saya, mika biru saya susun sebanyak 3 lapis, dan yang merah 6 lapis. Sekedar saran, carilah mika merah yang benar-benar gelap (merah gelap), karena jika dilapis terlalu banyak, justru akan buram. Jika layar laptop terlalu gelap, tingkatkan brightness laptop Anda, atau nonton di tempat yang redup.

  • keenam, Jika kecerahannya sudah pas, tempelkan mika pada kacamata. Silakan Anda gunakan lem atau staples. Pada kasus saya, karena mikanya berlapis-lapis, maka saya gunakan staples saja biar praktis (dapat anda lihat di gambar pertama di atas) 
  • nah.... sekarang yuk kita coba nonton film 3d dibawah ini..
Bagaimana, dapat melihat sesuatu yang “baru” pada gambar di atas? Jika ya, selamat, kacamata Anda siap digunakan!

terima kasih... dan sekian....

diproduksi oleh :
pingucomic4@gmail.com
copyright 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Internet Download Manager 6.32 Build 5 Full Version

Internet Download Manager atau biasa disingkat IDM, adalah perangkat lunak yang mampu mengunduh data-data yang ada di internet dan meneru...